BIBIT AZOLLA | Makanan Kelinci – Jenis Makanan Kelinci – Maknan kelinci cepat besar
50889
post-template-default,single,single-post,postid-50889,single-format-standard,eltd-core-1.0.3,ajax_fade,page_not_loaded,,borderland-ver-1.8.1,vertical_menu_enabled, vertical_menu_left, vertical_menu_width_290,smooth_scroll,paspartu_enabled,paspartu_on_top_fixed,paspartu_on_bottom_fixed,vertical_menu_inside_paspartu,wpb-js-composer js-comp-ver-4.11.2.1,vc_responsive

Makanan Kelinci – Jenis Makanan Kelinci – Maknan kelinci cepat besar

Makanan Kelinci Biar Cepat Gemuk

 

Makanan kesukaan kelinci

 

Azolla untuk kelinci – Saat ini variasi kuliner semakin beragam dan makin ajaib dari hari kehari. Mulai dari olahan daging kuda, sate kelinci dll. Hal yang demikian tentu sah-sah saja, selama bermanfaat memberikan nutrisi bagi tubuh. Berbicara tentang kelinci, saat ini permintaan kelinci pedaging untuk dikonsumsi sama tingginya dengan kelinci hias untuk hewan peliharaan. Oleh karena itu, kelinci pedaging bias menjadi lahan bisnis yang menjanjikan.

 

Makanan kelinci agar cepat besar

 

Sebagai mana nama kelinci pedaging, maka fokus utama adalah dengan penggemukan kelinci. Kelinci sama halnya dengan makhluk lain yang memiliki kegemarannya sendiri dengan makanan. Kelinci adalah hewan herbivore sehingga mereka memilih makanan dari tetumbuhan.

 

Di alam liar, mungkin kelinci dapat memilih menu makanannya secara bebas, namun kelinci yang diternakkan tidak akan dapat sebebas kelinci liar. Sehingga sebagai peternak kelinci harus jeli memilih mana makanan kesukaan sekaligus jenis yang baik untuk pertumbuhan dan penggemukan kelinci.

Memilihma kanan kelinci agar cepat besar didasarkan pada perhitungan gizi dan nutrisi yang terkandung dalam makanannya. Bisa berupa rerumputan, aneka sayuran, buah, hingga pakan buatan pabrik.

 

Makanan kelinci pedaging

 

Memilah makanan kelinci pedaging sebenanrnya tidak sulit karena secara alaminya kelinci pemakan tumbuhan yang bahkan mudah tumbuh dengan subur di halaman rumahatau di pematang sawah. Namu ntumbuhan yang tumbuh subur masih terkendala musim dan kesuburan tanah. Akan mudah jika musim penghujan,  namun bila musim kemarau pasokan pakan alami untuk kelinci sangat mungkin terganggu.

 

Makanan kelinci agar gemuk

 

Kemudian yang menjadi catatan penting dari bisnis ternak kelinci pedaging ini adalah kebutuhan pakan setiap kelinci mencapai 4% – 5% dari berat badannya per hari. Pada usia muda, kelinci pedaging membutuhkan 20% tumbuhan hijau pada pakannya. Sedang kan untuk  kelincipedaging di atasusia 4 bulan, mereka membutuhkan  60% pakan hijau dari total pakan hariannya.

Pakan ini terdiri dari konsentrat kelinci dan tanaman hijau. Seiring kebutuhan pakan hijau yang meningkat, maka gangguan sekecil apapun dalam proses penggemukan hewan ternak harus dihindari, bukan?! Karena ini akan menganggu kualitas daging hewan ternak itu sendiri. Ada solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan pemenuhan ketersediaan pakan selama proses penggemukan hewan ternak kelinci pedaging dengan tanaman azolla.

Selain Untuk Kelinci Azolla Juga Dapat Dimanfaatkan Untuk Pakan Ikan

 

Azolla: Makanan kelinci cepat besar

 

Apakah Anda pernah melihat semacam tumbuhan hijau paku – pakuan yang tumbuh mengapung pada genangan air di area persawahan?Azolla berdaun kecil, berwarna hijau pekat dan tebal. Azolla yang mudah dibudidayakan ini akan dapat menghemat biaya pakan, ramah lingkungan, dan bisa dipanen sepanjang tahun tanpa dipengaruhi musim. Azolla memiliki kandungan nutrisi, serat, serta protein yang tergolong tinggi hingga 30%. Teksturnya yang mudah dicerna akan disukai kelinci.­

Azolla bias menjadi makanan kelinci agar gemuk. Azolla dapat dicampurkan pada pakan kelinci yang selama ini Anda berikan. Dengan menambahkan azolla kedalam pakan kelinci, kebaikan dalam azolla pun bias didapatkan oleh kelinci Anda. Kandungan kebaikan dalam tanaman azolla dengan berat bersih (kering tanpa kandungan air)  antara lain:

 

  1. Protein hingga 30%
  2. Nitrogen 5%
  3. Magnesium 0,6%
  4. Kalium 4,5%
  5. Kalsium 1%
  6. Fosfor 0,9%
  7. Klorofil 0,5%
  8. Gula 3,5%
  9. Mangan 0,16%
  10. Karbohidrat 6,5%
  11. Lemak 7,5%
  12. Seratkasar 13%
  13. Vitamin B, B12 dan beta karoten

 

Unsur karbohidrat, lemak, dan tentunya protein yang kaya dalama zolla-lah yang mampu  menggemukkan hewan ternak kelinci pedaging Anda. Bagaimana? Apakah Anda percaya ­

makanan kelinci cepat besar bias dengan memanfaatkan tanaman azolla?

Buktikan saja sendiri!

 

 

Baca Juga :

Pakan Lele – Cara membuat pakan lele organik