BIBIT AZOLLA | JUAL BIBIT AZOLLA Pupuk Organik
50763
post-template-default,single,single-post,postid-50763,single-format-standard,eltd-core-1.0.3,ajax_fade,page_not_loaded,,borderland-ver-1.8.1,vertical_menu_enabled, vertical_menu_left, vertical_menu_width_290,smooth_scroll,paspartu_enabled,paspartu_on_top_fixed,paspartu_on_bottom_fixed,vertical_menu_inside_paspartu,wpb-js-composer js-comp-ver-4.11.2.1,vc_responsive

JUAL BIBIT AZOLLA Pupuk Organik

Budidaya

Bibit Azolla Untuk Pupuk Organik

Tumbuhan paku air azolla sebenarnya sudah sangat lama dikenal (meski tidak banyak orang tahu) bermanfaat sebagai pupuk hijau yang mampu meningkatkan hasil panen karena kandungan hara dan protein yang tinggi. Tanaman yang mampu mengikat nitrogen langsung dari udara dan bersimbiosis dengan bakteri biru dan bakteri hijau ini banyak ditemui di area sawah, rawa, atau empang.

Dua jenis azolla yang sering ditemui adalah:

  1. Azolla pinnata

Azolla pinnata sedikit bercabang dengan panjang daun 1mm. Jenis azolla pinnata ini berkelompok mengapung di permukaan air.

  1. Azolla microphylla

        Azolla microphylla membentuk sudut segitiga polygonal dan bisa didapati mengambang individu atau berkelompok. Spesies kecil tanaman azolla ini berdiameter sekitar 1-2,5cm, sedangkan spesies lainnya bisa mencapai diameter 15cm.

.

.

Cara Membuat Pupuk dari Tanaman Azolla

          Selain tanamannya yang tidak sulit dicari, cara meracik azolla menjadi pupuk organik pun relatif mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Pupuk azolla bisa dibuat menjadi pupuk cair dan pupuk kompos. Berikut ini cara membuat pupuk dari tanaman azolla:

  1. Pupuk kompos azolla

Untuk membuat pupuk kompos azolla, siapkan: komposter, azolla, bekatul atau dedak, gula merah, dan larutan EM.

  • Tumpuk azolla setebal 10cm di dalam komposter
  • Tabur merata dedak atau bekatul di atas azolla
  • Tambahkan gula merah dan larutan EM
  • Tambah tumpukan azolla setinggi 10cm lagi, taburi dedak atau bekatul, juga gula merah dan larutan EM
  • Tutup komposter dengan rapat, biarkan selama 7 hari
  • Setelah itu, angin-anginkan pupuk kompos azolla sebelum diaplikasikan.

  1. Pupuk cair azolla

              Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat pupuk cari dari azolla adalah: azolla, air, gula merah, dan 1 sendok makan larutan MOL.

  • Campurkan bahan-bahan organik tersebut dalam wadah tertutup
  • Diamkan selama 7 hari sampai tercium aroma seperti fermentasi tape
  • Buka tutup wadah untuk membuang gas fermentasi
  • Saring cairan campuran pupuk tersebut, lalu gunakan ampas azolla sebagai bahan campuran komposter, atau ampas diangin-anginkan kemudian ditaburkan ke media tanam.

Budidaya Azolla

Jika memerlukan banyak pupuk organik azolla, sebaiknya tanaman paku air ini dibudidayakan sendiri karena cara budidayanya juga sangat mudah, tidak memerlukan lahan luas, dan pertumbuhan azolla cukup cepat. Yang harus diperhatikan untuk budidaya azolla adalah:

  1. Kolam budidaya azolla

      Kolam yang digunakan bisa berupa kolam tanah, empang, parit, atau kolam terpal, ataupun menggunakan barang bekas seperti bekas bak mandi yang diberikan media lumpur agar menyerupai habitat asli azolla.

  1. Bibit azolla

         Bibit azolla umumnya dijual dalam kemasan toples atau kantung dengan berat beragam mulai dari 400 gram sampai kiloan per paket. Harga jual bibit azolla berkisar antara 30 – 40 ribu per 500 gram. Jika membeli bibit azolla dari internet, pastikan untuk menggunakan pengiriman sehari sampai. Ini karena bibit azolla tidak dapat bertahan terlalu lama dalam ruang gelap dan tertutup.

  1. Syarat tumbuh azolla
  • Ketinggian air paling minim adalah 1cm, dan maksimal 10cm di atas media tanah, karena kekurangan dan       kelebihan air akan menghambat pertumbuhan azolla
  • Temperatur ideal agar azolla tumbuh dengan baik sebaiknya antara 15-30°C
  • Angin yang terlalu kencang dan cepat dapat menyebabkan azolla mudah mati
  • Sinar matahari diperlukan azolla untuk fotosintesis dan nitrogenase, namun bila terpapar sinar matahari terlalu panas dan kuat akan menyebabkan daun azolla berwarna merah atau coklat. Sehingga sebaiknya memasang paranet untuk melindungi kolam budidaya azolla agar daun tetap hijau segar dan sehat.

 

Baca Juga :

MANFAAT AZOLLA UNTUK PAKAN TERNAK