BIBIT AZOLLA | Pakan puyuh petelur – Cara Membuat Pakan Burung Puyuh Petelur Alami dan Aman
51000
post-template-default,single,single-post,postid-51000,single-format-standard,eltd-core-1.0.3,ajax_fade,page_not_loaded,,borderland-ver-1.8.1,vertical_menu_enabled, vertical_menu_left, vertical_menu_width_290,smooth_scroll,paspartu_enabled,paspartu_on_top_fixed,paspartu_on_bottom_fixed,vertical_menu_inside_paspartu,wpb-js-composer js-comp-ver-4.11.2.1,vc_responsive

Pakan puyuh petelur – Cara Membuat Pakan Burung Puyuh Petelur Alami dan Aman

Pakan Burung Puyuh: Pakan Burung Puyuh yang Aman dan Mampu Meningkatkan Produksi Telur

Beragam kuliner telah banyak dikreasikan dengan bahan utama telur unggas. Ada yang direbus, digoreng, hingga diasinkan. Telur unggas yang bisa kita jumpai di pasaran, antara lain: telur ayam, telur bebek, dan telur puyuh. Masing – masing telur memiliki penggemarnya sendiri.

 

Demi memenuhi kebutuhan pasar, peternakan unggas ada juga yang difokuskan untuk menghasilkan produk telur saja. Artikel kali ini akan membahas lebih jauh tentang burung puyuh dan memaksimalkan panen telurnya.

 

 

Ternak burung puyuh petelur

 

Burung puyuh selain diminati dagingnya, juga telurnya. Jajanan aman untuk anak – anak telur puyuh termasuk favorit mereka. Melihat pasar yang masih menjanjikan dengan unggas yang satu ini, maka menjadi lazim kita temui juga peternakan burung puyuh, selain peternakan ayam dan bebek.

 

Sebagaimana peternakan pada umumnya, terdapat tahap – tahap yang harus dipersiapkan sebelum menjalankan peternakan. Seperti menyediakan lahan untuk membangun kandang pembudidayaan burung puyuh. Lalu menyediakan bibit yang baik.

 

Bisa saja Anda memulainya dengan menetaskan telur – telur burung puyuh. Namun untuk langkah lebih cepatnya, Anda bisa langsung membeli burung puyuh dewasa yang  siap bertelur dan mengerami telurnya sendiri. Dengan demikian angka keberhasilan penetasan akan lebih tinggi dibandingkan dengan menetaskan sendiri dalam inkubator khusus.

 

Kemudian langkah – langkah pemeliharaan hingga pemanenan telur, seperti pemberian pakan, pemberian vitamin, vaksinasi, hingga sanitasi kandang yang harus tetap terjaga.

 

Untuk menghasilkan kualitas telur yang baik, maka asupan nutrisi bagi burung puyuh juga harus diperhatikan. Sudah banyak dijual pakan burung puyuh petelur buatan pabrikan, namun bila hanya mengandalkan itu saja bisa jadi hasil bersih panen tidak cukup memuaskan. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan pakan burung puyuh buatan sendiri. Dengan demikian, Anda dapat menekan biaya operasional seminim mungkin.

 

Cara membuat pakan burung puyuh alami

 

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, membuat pakan sendiri akan mengurangi ketergantungan dengan pakan buatan pabrik. Namun bukan berarti 100% meninggalkannya. Dengan jumlah nutrisi yang sama diharapkan formula ini akan tetap mampu memenuhi kebutuhan energi bagi ternak burung puyuh Anda.

 

Berikut campuran formulanya:

  1. Konsentrat khusus burung puyuh buatan pabrik (50 kg)
  2. Dedak halus (15 kg)
  3. Jagung halus (35 kg)

 

Dari racikan di atas, diperoleh jumlah besaran protein dan kalori yang sesuai dengan kebutuhan burung puyuh untuk bertelur, yaitu 2700 kkal dan sekitar 22% protein dari keseluruhan.

 

 

Mengatasi keterbatasan bahan pakan

 

Namun bila Anda kesulitan memeroleh bahan – bahan di atas, sekarang telah dikenal pakan burung puyuh alternatif, azolla. Yaitu tanaman yang mengandung nutrisi lebih baik dari tanaman lainnya. Tanaman ini bisa Anda budidayakan sendiri, caranya mudah dan tentu saja ramah lingkungan. Azolla bisa Anda panen di segala musim, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan ketersediaan bahan untuk membuat pakan burung puyuh Anda.

 

Azolla memiliki kandungan protein mencapai 23% dari berat bersih (kering tanpa unsur air) per kilogramnya. Dengan memanfaatkan azolla pada pakan buatan, Anda bisa menekan biaya pakan hingga 50%. dengan kandungan tersebut memungkinkan untuk meningkatkan produksi telur.

 

Azolla bisa dikatakan sebagai pakan burung puyuh yang baik karena sifatnya alami. Pembudidayaannya pun tidak memerlukan unsur kimia sehingga aman bagi ternak burung puyuh Anda. Dengan demikian, kualitas telur puyuh dari ternak Anda pun bisa Anda tingkatkan.

 

Pemberian pakan yang sesuai bagi perkembangan dan masa burung puyuh untuk bertelur, yaitu kandungan protein dan karbohidrat yang baik, maka telur puyuh yang bisa Anda panen juga akan optimal kuantitasnya.