BIBIT AZOLLA | Cara buat pakan ayam petelur
50784
post-template-default,single,single-post,postid-50784,single-format-standard,eltd-core-1.0.3,ajax_fade,page_not_loaded,,borderland-ver-1.8.1,vertical_menu_enabled, vertical_menu_left, vertical_menu_width_290,smooth_scroll,paspartu_enabled,paspartu_on_top_fixed,paspartu_on_bottom_fixed,vertical_menu_inside_paspartu,wpb-js-composer js-comp-ver-4.11.2.1,vc_responsive

Cara buat pakan ayam petelur

Meningkatkan Produktifitas

Ayam Petelur dengan Pakan Azolla

 

Saat ini untuk menjaga keberlangsungan hidup, kita harus pandai-pandai memrioritaskan kebutuhan sekaligus mengutamakan kebutuhan di atas keinginan pribadi. Harga-harga kebutuhan pokok mengalami kenaikkan dari hari ke hari. Hal ini membuat kita harus memiliki pendapat yang seimbang dengan kebutuhan kita.

 

Yang kerja kantoran semakin getol mengambil jam lembur, bahkan usaha sampingan pun dijalani. Yang berniaga tentu berusaha untuk menaikkan omzet penjualannya. Tidak terkecuali bagi Anda peternak ayam petelur , pasti Anda mendambakan produktivitas ternak ayam-ayam Anda meningkat, bukan?!

 

 

Namun kendalanya saat ini, jika hanya mengandalkan pakan ayam yang dibuat oleh pabrik, tentu harapan untuk memeroleh untung besar menjadi kecil kemungkinannya. Bagaimana tidak? Harga pakan ayam yang dijual harganya dari hari ke hari merangkak naik, sementara keinginan untuk memberikan kualitas ayam yang baik, tentu harus memenuhi nutrisi ayam melalui pakan yang Anda berikan. Maka harga yang mahal pun tidak boleh menjadi kendala.

 

Cara membuat pakan ayam petelur

Bila harga yang mahal tetap menjadi kendala Anda, maka sebaiknya Anda mencari cara buat pakan ayam murah yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Cara buat pakan ayam petelur yang perlu Anda persiapkan, antara lain:

 

  1. Tepung ikan

Anda bisa memanfaatkankeong atau ikan teri. Untuk ikan teri beli saja yang kepalanya agar harga lebih murah), kemudian dijemur hingga kering. Setelah kering sempurna, ikan teri tadi bisa dihaluskan, missal dengan mesin penghalus bumbu di rumah. Tepung ikan sendiri banyaknya yang diperlukan adalah 24% dari jumlah berat pakan yang ingin dibuat.

  1. Kedelai

Sebanyak 11% berikutnya adalah kedelai. Bila di lingkungan Anda terdapat pabrik pengolahan tahu, maka Anda bisa memanfaatkan ampas tahunya. Bila sulit didapat, Anda bisa memerolehnya memalui kedelai yang dihaluskan.

  1. Jagung

Sama seperti bagaimana memeroleh kedelai, jagung pun dengan porsi sekitar 30% harus dihaluskan terlebih dahulu.

 

  1. Bekatul

Ini bisa Anda peroleh dari beras kecil-kecil (remuk) hasil pengayakan atau sisa penggilingan padi. Bisa juga Anda peroleh dari karak (sisa nasi yang dijemur kering). Kemudian dihaluskan sekitar 26% untuk komposisi pakan.

 

  1. Dedak

5% dedak yang dibutuhkan bisa Anda peroleh dari pabrik penggilingan padi. Di sana banyak tersedia dedak dengan harga murah, dan pastikan Anda memilih dedak yang halus.

 

  1. Vitamin

2% berikutnya bisa Anda beli dari toko pakan ayam

 

  1. Kunyit

Kemudian 1% kunyit bisa anda parut.

 

  1. Sayuran

1% berikutnya bisa sayur apa saja yang bisa Anda dapatkan di sekitar Anda. Bisa bayam, kangkung, daun papaya, dll. Kemudian haluskan.

 

  1. Air bersih secukupnya

Sediakan secukupnya untuk mencampurkan adoanan

 

Teknis cara pembuatan pakan ayam

Setelah semua bahan tersedia dan sudah berbentuk tepung dengan komposisi yang sudah disesuaikan ukuran masing masing bahan, selajutnya adalah:

  1. Campur dan aduk semua bahan hingga merata dengan tambahan air secukupnya dengan konsistensi adonan yang bisa dibentuk
  2. Kukus adonan pakan seperti kita menanak nasi sampai matang, ini dilakukan agar pakan ayam tidak cepat basi.
  3. Setelah matang, angkat dan bentuklah adonan sesuai keinginan anda. Pilihan bentuk umumnya yaitu:
  • Bentuk tepung

Adonan yang sudah dikukus dijemur. Atur rata tipis agar cepat kering, setelah kering diremas-remas hingga hancur seperti tepung namun jangan terlalu halus.

  • Bentuk crumbles atau butiran pecah

Adonan dimasukkan ke dalam ayakan yang berlubang sambil ditekan-tekan hingga butiran berjatuhan, kemudian butiran butiran tersebut jemur hingga kering.

  • Bentuk Pelet

Untuk membuat pakan ayam bentuk pelet, adonan yang sudah dikukus tadi masukan kedalam penggilingan daging atau kacang tanah hingga keluar bentuk memanjang. Kemudian dipotong-potong dan dijemur hingga kering.

Bagaimana? Mudah dan murah bukan?! Selain itu ada cara buat pakan ayam fermentasi, dengan cara ini, pakan ayam yang dihasilkan bahkan bisa disimpan hingga berbulan-bulan. Jadi Anda bisa membuat pakan ayam dengan cara ini dalam jumlah besar sekaligus. Kelebihan lainnya adalah kotoran ternak tidak akan bau karena bebas amoniak. Inilah cara membuat pakan ayam alternatif dengan metode fermentasi:

  1. Tempat pembuatan pakan fermentasi bisa dengan terpal, tong besar, plastik besar, ataupun bak plastik besar
  2. Dedak
  3. Gula pasir
  4. Air secukupnya
  5. Suplemen probiotik

Berikut cara mengolahnya:

  1. Masukan dedak ke tempat pembuatan pakan fermentasi yang sudah disiapkan
  2. Larutkan sumplemen probiotik + Air dan Gula pasir
  3. Setelah semua terlarut, lalu siramkan pada dedak tadi
  4. Lalu aduk semua bahan tadi hingga merata. Setelah itu tutup rapat pakan fermentasi tadi sehingga menjadi kedap udara. Diamkan selama ±5 hari . Perlu diingat setiap harinya Anda harus membuka pakan fermentasi tadi selama ±15menit sehari sekali. Setelah menunggu 5 hari baru pakan bisa diberikan kepada ayam Anda

 

Umumnya pakan ayam terbuat dari bahan dasar dedak, namun tahukan Anda bahwa ada alternatif bahan pakan lainnya yang jauh lebih ekomonis, mudah pengolahannya, dan tentunya tetap berkualitas. Yaitu dengan memanfaatkan azolla.

 

Tumbuhan paku-pakuan ini bisa Anda jumpai mengapung pada permukaan genangan air di sawah. Azolla berdaun kecil, berwarna hijau pekat dan tebal.Azolla adalah jawaban yang sangat tepat jika kita bicara tentang mencari pakan alami yang hemat biaya,ramah lingkungan, dapat dibudidaya sendiri tanpa harus selalu membeli. Azolla memiliki kandungan nutrisi,serat, serta protein yang tergolong tinggi hingga 23%. Selain itu azolla sangat mudah dicerna oleh ayam karena tekstur azolla lunak atau mudah lumat hanya dengan diremas ringan.

 

Cara buat pakan ayam dari azolla ini juga mudah. Campurkan 60% azolla dengan pakan ayam yang biasa Anda berikan. Awalnya ayam memang akan sulit beradaptasi, namun hanya di awal saja. Jangan khawatir ayam akan kelaparan, karena lambat laun ayam akan terpaksa memakannya, lalu terbiasa, dan kualitas telur yang dihasilkan pun sama baiknya dengan telur ayam yang dihasilkan jika Anda memberi pakan pabrikan.

 

Pakan Ayam Petelur Tanpa Fermentasi

Selain dimanfaatkan setelah fermentasi azolla kering juga dapat menggantikan pakan bungkil kedelai. Azolla pinnata dapat diberikan pada ternak dalam bentuk kering setelah penjemuran di panas matahari .

 

menurut penelitian (SUDIBYA etal, 1992)menyatakan penggunaan Azolla kering yang di berikan pada ransum ayam petelur sebagai pengganti bungkil kedelai, dengan substitusi sebesar 0 : 5 ; 10 : 15 ; 20 dan 25%. Yang diamati pada periode pertambahan (.starter- grower) dan periode bertelur (layer) adalah pertambahan bobot badan70.  berikut adalah perbandingan antara kandungan azolla dengan bungkil kedelai :

 

Dan berikut ini adalah efisiensi dari penggunaan azolla :

 

 

 

 

 

 

Konversi pakan merupakan indeks untuk melihat efisiensi usaha ternak ayam yang dapat menentukan besar kecilnya keuntungan yang diperoleh.

 

Kenaikan level Azolla pinnata (kering/kompos) diikuti dengan penurunan konversi pakan baik pada periode starter, grower dan layer.

 

Nilai konversi pakan pada Tabel 4 terendah (terbaik) dicapai pada level 25%. dan tertingi pada level 0 % (pakan kontrol dimana bungkil kedelai tidak disubstitusi). Berarti penambahan Azolla pinnata ke dalam ransum ayam petelur menyebabkan terjadi keseimbangan asam amino.

 

Penggunaan azolla bila ditinjau dari segi ekonomisnya berdasarkan IOFC . Nilai lOFC tertinggi dicapai pada level Azolla  25% baik yang kering atau pun kompos, dan terendah dicapai pada level azolla 0% (pakan kontrol). Hal ini disebabkan azolla (kering/kompos) lebih murah bila dibandingkan dengan harga bungkil kedelai .

 

(CATATAN azolla SEGAR sangat baik untuk ternak, tapi tidak di anjurkan dalam penggunaan  secara ruti/terus menerus. PENGGUNAAN RUTIN akan AMAN jika dalam bentuk KERING melalui proses penjemuran di bawah panas matahari selama satu hari)

 

Bukankah azolla solusi yang sangat cemerlang?! Karena serasa Anda memiliki pabrik pakan ayam Anda sendiri. Lalu, bukan lagi mimpi jika keuntungan yang Anda peroleh setiap penjualan telur akan meningkat

 

Baca Juga :

Cara Membuat Pupuk Dari Azolla

JUAL BIBIT AZOLLA